2 Wilayah Indonesia Bersejarah dan Kuat

Sedalam apakah pengetahuanmu tentang sejarah penjajahan yang dilakukan oleh Belanda pada bangsa Indonesia. Belanda telah bercokor di Indonesia sekitar 350 tahun lamanya, dan menjadikan masa terpanjang dalam sejarah penjajahan di dunia ini. Namun dalam operasi penjajahannya ini, bukan berarti pihak Belanda tidak mendapatkan perlawanan yang cukup berarti. Menurut sejarah, ada beberapa wilayah di Idonesia yang dengan susah payah ditaklukan oleh belanda. Nah berikut ini adalah 2 wilayah Indonesia yang tidak mudah di kuasai oleh Belanda.

  1. Aceh

Kota yang berjuluk “Serambi Makkah” ini menjadi daftar pertama, wilayah yang sulit dikuasai oleh Belanda. Hal ini dikarenakan Aceh, memiliki kerajaan-kerajaan Islam yang dipimpin oleh para pemimpin yang pemberani. Selain pihak kerajaan yang berjuang, masyaraktnya pun mendukung penuh dalam perlawanan terhadap Belanda. Alhasil, Belanda pun membutuhkan waktu 41 tahun untuk menguasai seluruh Aceh pada tahun 1914.

  1. Jambi

seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia adalah negara penghasil rempah-rempah terbesar di dunia, termasuk Jambi. Belanda yang pada waktu itu, berambisi tinggi untuk merampok rempah-rempah dari Jambi. Sejatinya, Belanda datang ke tanah Jambi pada tahun 1833 dengan persenjataan yang jauh lebih canggih daripada persenjataan yang di miliki kerajaan Islam di Jambi. Namun berkat perpaduan kekuatan rakyat dan kerajaan, Belanda pun dibuat kewalahan. Butuh 71 tahun, untuk bisa menguasai Jambi secara keseluruhan.

Leave a Reply