Mengeksplorasi Keindahan Ladakh, Kawasan Paling Bersalju Di India

Apa yang pertama terlintas dalam benak anda jika mendengar kata India? Mungkin sebagian dari Anda akan menjawab musik serta cinema Bollywood yang identik dengan tariannya, India tergolong kota yang kumuh, Taj Mahal, atau bahkan Shah Rukh Khan?

Namun, tahukah Anda, bahwa ada sebuah kawasan di India bernama Ladakh, yang merupakan wilayah pegunungan dan bersalju!  Ladakh adalah daerah semi-otonom di negara bagian paling utara India, Jammu dan Kashmir, dan berbatasan langsung dengan Pakistan serta China, tepatnya berada di kaki Gunung Himalaya. Keadaan di Ladakh sangat jauh berbeda dengan keadaan kota-kota besar di India lainnya seperti New Delhi atau Mumbai.Begitu pun dengan penduduknya, secara fisik, masyarakat Ladakh lebih mirip dengan orang Tibet, dengan mata sipit dan kulitnya yang putih, tidak heran jika Ladakh mendapat julukan Little Tibet.

Tertarik untuk mengeksplor keindahan kota Ladakh? Anda bisa terbang ke India dengan melakukan reservasi tiket Garuda Indonesia yang menyediakan rute penerbangan langsung menuju India, anda bisa melakukan pemesanan melalui situs Reservasi.com.

Setiap wisatawan yang akan memasuki daerah Ladakh sudah pasti akan singgah terlebih dahulu di Kota Leh, ibukota Ladakh. Kota ini berada di ketinggian 3.500 meter dari permukaan laut, dan meskipun matahari terlihat cukup terik, namun udara di sekitar kawasan Leh terasa cukup dingin. Suasana di tempat ini bisa dibilang sangat sepi, jika anda berwisata ke kota Mumbai akan terasa bising dan kumuh, disini anda tidak akan menemukan bunyi klakson ataupun keramaian jalanan lainnya. Kendaraan bermotor yang melintasi kawasan ini pun bisa dihitung jari. Disini hanya terdapat gurun pasir dengan latar belakang pegunungan Himalaya, yang setiap puncaknya tertutup salju tebal. Sebuah keindahan lanskap alam yang luar biasa indah

Nah, jika ingin berjalan-jalan di pusat kota Leh, para wisatawan akan menemukan Leh Bazzar,  yang merupakan tempat aktivitas penduduk kota tersebut. Disini terdapat deretan toko suvenir, hingga aneka restoran yang menawarkan menu dari berbagai negara, dari Asia hingga Eropa. Satu hal yang perlu diingat, lantaran berada di ketinggian, kadar oksigen di Ladakh sangat tipis, dan udaranya pun sangat dingin, akan menjadi kendala untuk wisatawan yang tidak kuat atau tidak terbiasa dengan kondisi udara pegunungan yang dingin. Oleh karena itu, wisata di Ladakh hanya terbuka saat musim panas, diperkirakan saat musim dingin, suhu udara di kawasan ini bisa mencapai lebih dari minus 20 derajat celcius! Karena alasan itu pula, hotel-hotel di Ladakh akan tutup selama musim dingin, kalaupun ada yang buka, pihak pengelola akan menaikkan tarif dengan harga tinggi. Bahkan, banyak penduduk Ladakh yang akan bermigrasi ke kota-kota yang bersuhu hangat lainnya di India, saat musim dingin tiba.

Apakah Anda masih ingat film ‘3 Idiots’? Film Bollywood yang populer di tahun 2009 lalu ini, menjadi booming dan digemari para pecinta film, lantaran kisah inspiratifnya. Film bergenre komedi ini, mengambil latar di beberapa spot terbaik di India, dan salah satunya adalah Ladakh. Sebelum dijadikan lokasi syuting film 3 Idiots, kawasan Ladakh sebenarnya sudah cukup dikenal oleh masyarakat lokal, meski begitu, tempat ini belum terlalu banyak dikenal wisatawan asing. Dan setelah booming-nya film 3 Idiots, popularitas kawasan wisata yang satu ini mulai dikenal dunia. Meskipun sekarang namanya sudah tersohor, Ladakh masih merupakan salah satu tempat wisata mempesona yang tampil bak surga dunia yang masih alami dan tersembunyi, dikarenakan belum begitu banyak orang yang datang mengeksplor tempat ini, dikarenakan lokasinya yang tergolong agak sulit dijangkau, terutama untuk para wisatawan mancanegara.

Jika jiwa petualangan anda merasa terpanggil, anda bisa memulai petualangan dengan melakukan reservasi tiket Garuda Indonesia menuju Ladakh, melalui jalur penerbangan menuju New Delhi, dan hampir semua jadwal kedatangan dan keberangkatan hanya di pagi hari. Karena jika sudah lewat siang hari, terpaan angin atau badai gunung sering mengganggu penerbangan. Selain lewat jalur udara, untuk menuju Ladakh juga bisa dicapai dengan jalur darat, dari Srinagar atau dari Manali. Lama perjalanan berkisar satu hingga dua hari, dengan trek yang menantang, tetapi memiliki view pemandangan yang indah. Namun, jalur darat ini akan ditutup setiap bulan November hingga Mei, dikarenakan kerap terjadi longsor dan salju yang tebal.

Bagi anda pecinta wisata adventure, Ladakh bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengeksplor keindahan sebuah surga tersembunyi di negara India. Siapkan jadwal keberangkatan menuju New Delhi, dengan melakukan reservasi tiket Garuda Indonesia melalui website tiket pesawat online terpecaya, Reservasi.com Selamat berpetualang!

Leave a Reply